Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out
PESAN NABI SAW "Barangsiapa menempuh satu perjalanan untuk mencari suatu ilmu, Allah akan memudahkan untuknya jalan ke surga" (Hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah ra)

Kamis, 22 Juli 2010

Puasa Sunah (bulan Sya'ban)

Kamis, 22 Juli 2010
Apakah disunnahkan berpuasa penuh di bulan Sya'ban?

Ya. Disunatkan berpuasa keseluruhan hari di bulan Sya'ban atau kebanyakan harinya. Disunatkan berpuasa keseluruhan hari di bulan Sya'ban atau kebanyakan harinya. Ini berdasarkan hadis dari Ummu Salamah ra yang menceritakan; “Tidak pernah Nabi saw berpuasa (sunat) sebulan penuh dalam setahun kecuali di bulan Sya'ban di mana baginda menyambungnya dengan Ramadhan” (HR Imam Abu Daud dan an-Nasai). Ini berdasarkan hadis dari Ummu Salamah ra yang menceritakan: "Tidak pernah Nabi saw berpuasa (sunat) sebulan penuh dalam setahun kecuali di bulan Sya'ban di mana beliau menyambungnya dengan Ramadhan" (HR Abu Dawud dan an-Nasai). 'Aisyah pula menceritakan; “Rasulullah saw kadang-kadang terus-menerus berpuasa hingga kami menganggap beliau tidak berbuka langsung, dan kadang-kadang beliau terus-menerus berbuka hingga kami menganggap beliau tidak berpuasa langsung. 'Aisyah pula menceritakan: "Rasulullah saw kadang-kadang terus-menerus berpuasa hingga kami menganggap beliau tidak berbuka langsung, dan kadang-kadang beliau terus-menerus berbuka sampai kami menganggap beliau tidak berpuasa langsung. Namun demikian, aku tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh melainkan pada bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau paling banyak berpuasa sebagaimana beliau berpuasa di bulan Sya'ban”. Namun demikian, aku tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau paling banyak berpuasa sebagaimana ia berpuasa di bulan Sya'ban ". (Riwayat Imam Bukhari dan Muslim). (Riwayat Imam Bukhari dan Muslim).

Menurut ulamak; difahami dari hadis-hadis di atas bahawa Nabi saw adakalanya berpuasa sebulan penuh di bulan Sya'ban dan adakalanya baginda tidak berpuasa sebulan penuh tetapi pada kebanyakan harinya sahaja. [1] Menurut ulama; dipahami dari hadis-hadis di atas bahwa Nabi saw adakalanya berpuasa sebulan penuh di bulan Sya'ban dan adakalanya beliau tidak berpuasa sebulan penuh tetapi pada kebanyakan harinya saja. [1]

Apa hikmahnya Rasulullah saw banyak berpuasa di bulan Sya'ban? Apa hikmahnya Rasulullah saw banyak berpuasa di bulan Sya'ban?

Seorang sahabat bernama Usamah bin Zaid ra pernah bertanya Nabi saw kenapa beliau banyak berpuasa di bulan Sya'ban? Seorang sahabat bernama Usamah bin Zaid ra pernah bertanya Nabi saw kenapa beliau banyak berpuasa di bulan Sya'ban? Nabi saw menjawab; “Bulan Sya'ban itu adalah bulan yang selalu dilupai oleh manusia di mana kedudukannya di tengah antara Rejab dan Ramadhan. Nabi saw menjawab: "Bulan Sya'ban itu adalah bulan yang selalu dilupai oleh manusia di mana posisinya di tengah antara Rajab dan Ramadhan. Namun ia adalah bulan diangkat amalan-amalan hamba kepada Tuhan Pencipta Alam. Namun ia adalah bulan diangkat amalan-amalan hamba kepada Tuhan Pencipta Alam. Maka aku menyukai amalanku diangkat ketika aku berpuasa” (Riwayat Imam an-Nasai. Hadis menurut Syeikh al-Albani adalah hasan) Maka aku menyukai amalanku diangkat ketika aku berpuasa "(Riwayat Imam an-Nasai. Hadis menurut Syeikh al-Albani adalah hasan)

Apakah kelebihan malam nisfu Sya'ban? Apakah kelebihan malam Nisfu Sya'ban?

Sabda Nabi saw; “Pada malam nisfu Sya'ban Allah melihat kepada sekelian makhlukNya. Sabda Nabi saw; "Pada malam Nisfu Sya'ban Allah melihat kepada sekelian makhluk-Nya. Lalu Dia mengampunkan ke semua mereka kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuh dengan saudara seagama” (HR Imam at-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu'az bin Jabal ra) Lalu Dia mengampuni ke semua mereka kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuh dengan saudara seagama "(HR Imam at-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu'az bin Jabal ra)

Catatan kaki;

[1] Fiqh al-'Ibadat, Hasan Ayyub, hlm. [1] Fiqh al-'Ibadat, Hasan Ayyub, hlm. 431. 431.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
MAAF BLOG MASIH DALAM PERBAIKAN....JIKA SAHABAT ORIS INGIN MEMBERIKAN KRITIK DAN.........SARAN KEPADA KAMI SILAHKAN HUB KAMI LEWAT CONTACT YANG TELAH KAMI SEDIAKAN....TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA